• 08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Trend HR Era Pandemi

Trend HR Era Pandemi

Trend HR Era Pandemi

“Trend HR Era Pandemi”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Pendemi global yang disebabkan oleh Covid-19 telah merubah seluruh tatanan yang ada di seluruh dunia, termasuk bidang ekonomi dan bisnis. Dengan adanya pandemik ini telah membuat praktek-praktek MSDM, termasuk proses rekruitmen calon pegawai berubah dan terdisrupsi.

Human Resource (HR)

HR dianggap sebagai “nyawa” bagi sebuah perusahaan untuk dapat memperoleh karyawan yang memiliki kompetensi yang tinggi. Human resource (HR) ibarat seorang petani yang merawat padi (karyawan) dengan memberikan air, pupuk, dan obat hama.


Unduh PPT:

Mengelola Human Resources di Era Pandemi

Instagram: @mutupendidikan


Tugas dan Fungsi HR
  • Merekrut karyawan baru
  • Menjamin kesejahteraan karyawan
  • Memotivasi karyawan
  • Memastikan hubungan antar karyawan
  • Memberikan pelatihan/training
Transformasi HR Digital

Transformasi digital dirasa sangat membantu HR untuk melaksanakan fungsi HR dalam sebuah perusahaan dimasa pandemi dan kehidupan normal baru. Transformasi digital HR merupakan tuntutan yang harus dilakukan oleh perusahaan agar tidak mengalami ketertinggalan dalam persaingan bisnis.

Trend HR Era Pandemik
  • Rekrutmen secara online

Rekrutmen merupakan sebuah proses dalam memilih kandidat yang cocok untuk diperkerjakan dalam suatu bidang dalam perusahaan. Digitalisasi membantu HR untuk menemukan kandidat/talent tersebut dengan promosi melalui situs web perusahaan atau memasang info melalui situs lowongan pekerjaan yang ada di internet.

  • Otomatisasi proses HR

Otomatisasi digital merupakan metode penggunaan perangkat lunak untuk menyelesaikan dan mengoptimalkan kerja. Inovasi digital dapat membantu HR dalam memfilter resume dari kandidat rekrutmen yang hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan melalui online.

  • Wawancara online

Wawancara merupakan sebuah proses yang biasa dilakukan oleh HR dalam sebuah perusahaan untuk melakukan penyeleksian kandidat terbaik. Menyikapi adanya pandemic covid-19 wawancara online melalui media digital seperti zoom, google meet, serta aplikasi lainnya.

  • Analisis HR

Melalui perkembangan teknologi tentunya akses terkait proses analisis yang dilakukan HR tentunya menjadi lebih canggih. Sebelumnya HR banyak menggunakan feeling serta intuisi Ketika hendak mengevaluasi kandidat rekrutmen. Namun sekarang dengan bantuan digital HR dapat langsung melihat analisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif dari peserta.

Baca juga: Membangun Tim & Motivasi Karyawan

Demikian, semoga uraian singkat tentang Trend HR Era Pandemi, dapat bermanfaat.

خَيْرُالناسِأَنْفَعُهُمْلِلناسِ


mutupendidikan.com

Info Pelatihan Mutu Pendidikan

hasan100

Leave a Reply