• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Pengenalan Akuntansi dan Bisnis

Pengenalan Akuntansi dan Bisnis

Dalam dunia perekonomian tidak terlepas dengan keberadaan suatu bisnis. Setiap orang dapat menciptakan bisnis masing-masing. Dalam membuat sebuah bisnis tentunya harus menentukan jenis usaha dan bidang dari bisnis tersebut. Saat menjalankan bisnis tentunya tidak terlepas dari akuntansi untuk mencatat transaksi dalam bisnis tersebut. Berikut ini tim SDM Indonesia akan memberikan uraian mengenai Pengenalan Akuntansi dan Bisnis.

Jenis-Jenis Perusahaan
  1. Perusahaan Jasa, yaitu suatu jenis usaha yang hanya menyediakan jasa (layanan) untuk pelanggan. Contoh: Disney, Garuda Indonesia, Marriott Hotels, Citibank, Telkomsel.
  2. Perusahaan Dagang yaitu suatu jenis usaha yang melakukan pembelian dan penjualan barang dagangan. Contoh: Carrefour, Kidz Station, Electronic City, Lands End, Amazon.com.
  3. Perusahaan Manufaktur yaitu suatu jenis usaha yang melakukan pengolahan terhadap bahan baku sampai dengan bahan tersebut menjadi barang jadi. Contoh: Honda, Intel, Boeing, Nike, Coca-Cola, Sony.
Jenis-Jenis Organisasi Perusahaan
  1. Perusahaan Perseorangan: perusahaan yang dimiliki oleh perorangan.
  1. Persekutuan: perusahaan yang dimiliki oleh dua atau lebih individu.
  1. Korporasi: perusahaan yang dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah, sebagai badan hukum yang terpisah.
Strategi Bisnis

Adalah serangkaian rencana dan tindakan terintegrasi yang didesain bagi perusahaan sebagai sarana untuk memperoleh keuntungan melebihi pesaingnya sekaligus untuk memaksimalkan laba; terdiri atas:

  1. Strategi biaya rendah

Berdasarkan strategi biaya rendah, suatu perusahaan mendesain dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas yang diterima konsumen pada biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan para pesaingnya. Contoh: Lion Air dan Air Mineral Vit.

  1. Strategi diferensiasi

Berdasarkan strategi diferensiasi, sebuah perusahaan mendesain dan menghasilkan produk atau jasa yang memiliki kekhususan atau karakteristik yang unik sedemikian rupa sehingga konsumen bersedia membayar harga yang lebih tinggi dibandingkan harga yang umum. Contoh: Desainer  Biyan dan Electrolux.

Akuntansi dan Profesi Akuntansi

Accounting (Akuntansi) merupakan suatu sistem informasi yang menyediakan laporan untuk pemangku kepentingan (stakeholder) mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Terdapat 2 profesi akuntansi, yaitu:

  1. Akuntan yang bekerja pada perusahaan bisnis atau organisasi nirlaba disebut sebagai akuntan swasta.
  2. Profesi akuntan dan stafnya yang memberikan jasa akuntansi berdasarkan honor disebut sebagai akuntan publik.
Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum
  1. Entitas Usaha
  1. Biaya
  1. Objektivitas
  1. Unit Pengukuran

 

Untuk materi selengkapnya mengenai Pengenalan Akuntansi dan Bisnis, bisa di download ppt pada link di bawah ini:

PPT Pengenalan Akuntansi dan Bisnis

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

hasan100

Leave a Reply