• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Memulai Sebuah Usaha Baru

Memulai Sebuah Usaha Baru

 

Dalam memulai suatu usaha begitu banyak hal yang perlu diperhatikan, selain skill dan keberanian juga dibutuhkan kesiapan menghadapi hal – hal yang tidak di inginkan kedepannya. Apakah usaha yang kita bangun ini akan sukses atau mengalami kehancuran ? Perlu kesiapan dan keberanian yang besar untuk memulai suatu usaha. Adapun langkah – langkah yang paling utama dalam memulai suatu usaha yaitu mencari tahu barang atau usaha apa yang dibutuhkan oleh konsumen, kepada siapa kita menjual produk atau usaha tersebut, mencari sumber daya misalnya tenaga ahli, modal, tekhnologi dan manajemennya. Dalam memahami sebuah peran menjadi seorang wirausaha yang memulai usaha baru,  ada baiknya terlebih dahulu  kita  memahami mengenai pengertian dan langkah-langkah dari memulai sebuah usaha baru dari seorang wirausaha.

Langkah-langkah Memulai Usaha Baru
  1. Mengenali peluang usaha: Pengalaman hidup, Hubungan sosial
  2. Optimalisasi Potensi diri
  3. Fokus dalam bidang usaha

Dalam memulai sebuah usaha atau inovasi dilakukan untuk terfokus dimulai dari yang kecil berdasarkan sumberdaya yang kita  miliki.

  1. Berani memulai

Dunia kewirausahaan adalah dunia ketidakpastian sementara informasi yang dimiliki oleh yang akan memulai usaha sedikit. Oleh karenanya, ‘sedikit agak gila’  (overconfidence) dan berani mengambil resiko adalah sangat perlu dilakukan.

Dalam memulai sebuah usaha, langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengenali peluang usaha. dengan adanya peluang ini barulah kita akan mentyetarakan dengan potensi yang kita miliki agar kita bisa  menentukan usaha apa yang bakal kita jalani.

Setelah menentuka usaha yang kita jalani, kita harus fokus pada bidang yang telah kita tentukan tersebut dan tidak plin plan agar usaha berjalan sukses. Dan hal selanjutnya adalah berani memulai usaha tersebut, bukan hanya difikirkan saja  tapi harus direalisasikan.

Dalam memulai usaha ini kita bisa melakukan berbagai cara, diantaranya mendirikan sendiri, membeli perusahaan lain atau kerjasama dengan orang lain dalam melakukan perintisan usaha. Dengan begitu kita akan berkembang menuju karir sebagai pengusaha yang berhasil.

 

Untuk materi selengkapnya mengenai Memulai Sebuah Usaha Baru, bisa di download ppt pada link di bawah ini:

PPT Memulai Sebuah Usaha Baru

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

 

hasan100

Leave a Reply