• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Manajemen Pemasaran: Analisis Persaingan dan Strategi Bersaing

Manajemen Pemasaran & Analisis Persaingan

Manajemen Pemasaran: Analisis Persaingan dan Strategi Bersaing

“Manajemen Pemasaran, Analisis Persaingan dan Strategi”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Analisis persaingan adalah usaha mengidentifikasi kesempatan, tantangan atau permasalahan strategis (strategy question) yang terjadi akibat perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan dalam kompetisi.

Analisis Persaingan dan kompetisi berguna untuk mendasari keputusan tentang produk yang dipasarkan agar kemudian diperoleh laba yang optimal.

Pasar berubah karena adanya perubahan kebutuhan pembeli, teknologi baru, kekuatan sosial-ekonomi, dan kegiatan persaingan.

Perubahan-perubahan ini menciptakan peluang dan tantangan baru bagi perusahaan untuk melayani pasar.

Analisis persaingan dimulai dengan pesaing umum dan selanjutnya pesaing potensial. Ada dua cara untuk mengidentifikasi pesaing umum. Yang pertama menguji perspektif  pelanggan dalam membuat pilihan diantara para  pesaing.

Silahkan diunduh file power-point (PDF) berikut ini:

_____________________________

Belajar Mudah dengan Power point (PDF):

PPT Analisis Persaingan dan Strategi Bersaing

IG: SDM Unggul Indonesia Maju

_____________________________

Tipe kedua adalah identifikasi dengan pendekatan yang berusaha menempatkan para pesaing kedalam kelompok-kelompok strategi dari dasar strategi persaingannya.

Setelah para pesaing diidentifikasi, fokusnya adalah berusaha memahami  mereka dan strateginya. Dari  uraian  tersebut dapat  dikembangkan analisis dari kekuatan dan kelemahan dari masing-masing pesaing atau kelompok strategi dari  pesaing.

Identifikasi Strategi Pesaing

Dalam melakukan identifikasi strategi pesaing ini, kita perlu memperhatikan juga beberapa hal berikut ini:

  1. Semakin mirip strategi suatu perusahaan dengan produk yang sejenis, maka semakin bersaing.
  2. Dalam suatu industri, pesaing-pesaing dalam industri yang bersangkutan dikelompokan dalam grup-grup. Setiap grup melakukan strategi yang berbeda dengan grup yang lain. Misalnya: Citra kualitas, Teknologi yang dipakai, Pasarnya, Metode produksinya.
Penilaian Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Setelah kita tahu siapa saja pesaing/kompetitor kita, tentukan kekuatan mereka dan cari tahu kerentanan mereka. Mengapa konsumen membeli dari mereka, apakah karena harga, nilai, pelayanan, kenyamanan, dan reputasi.

Fokuskan terutama pada kekuatan dan kelemahan yang dirasakan seperti yang kita lakukan terhadap perusahaan sesungguhnya. Ini karena persepsi konsumen ternyata bisa lebih penting dari kenyataan.

Identifikasi reaksi pesaing

Reaksi Pesaing maksudnya bagaimana pola dan strategi pesaing dalam merebut segmen pasar yang ada, dan bagaimana perusahaan mampu melakukan terobosan-terobosan baru dalam rangka mengungguli pesaing yang ada.

Untuk materi berikutnya tentang analisis persaingan dan strategi bersaing, bisa di download pada link diatas.

Demikian uraian singkat tentang Manajemen Pemasaran, Analisis Persaingan dan Strategi. Semoga bermanfaat, dan sukses SDM Indonesia.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

_____________________

SDMIndonesia.com

Explore: Training & Development

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

hasan100

Leave a Reply