• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Menggunakan Teknik Promosi Yang Efektif

Menggunakan Teknik Promosi Yang Efektif

Pemasaran modern menuntut lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, menetapakan harga yang menarik, dan menyediakan bagi pelanggan sasaran. Perusahaan juga harus berkomunikasi dengan pelanggannya, dan apa yang dikomunilkasikan jangan sampai menimbulkan keraguan. Bagi kebanyakan perusahaan, pertanyaannya bukan apakah harus berkomunikasi, melainkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan dan bagaimana caranya.
Perusahaan modern mengelola sistem komunikasi pemasaran yang kompleks.

Perusahaan berkomunikasi dengan perantara, konsumen, dan berbagai kelompok masyarakat. Kemudian perantara berkomunikasi dengan konsumennya dan masyarakat. Konsumen melakukan komunikasi lisan dengan konsumen lain dan dengan kelompok masyarakat lain. Sementara itu, setiap kelompok memberikan umpan balik kepada setiap kelompok lain. Bauran promosi merupakan ramuan khusus dari iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya. Bagaimana menggunakan teknik promosi yang efektif supaya tujuan pemasarannya sukses? Berikut penjelasannya..

Promosi dan Bauran Promosi
Promosi

Adalah usaha-usaha yang dilakukan para pemasar untuk menginformasikan dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam suatu pertukaran.

Bauran Promosi

Adalah kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi. Komunikasi pemasaran terpadu adalah satu teknik yang  mengkombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.

Iklan

Adalah komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh oraganisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi di dalam pesan.

Penempatan produk adalah memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk tersebut akan dilihat. Media iklan paling efektif sering kali sangat mahal. Media yang tidak mahal mungkin tidak menjangkau pasar  Anda. Tujuannya adalah menggunakan medium yang dapat menjangkau pasar yang Anda inginkan secara paling efektif dan efisien. Infomersial adalah acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang dan jasa. Infomersial semakin bertambah penting karena menunjukkan produk saat sedang digunakan dan menampilkan testimonial untuk membantu manjual barang dan jasa.

Penjualan Personal

Adalah presentasi dan promosi tatap muka untuk barang dan jasa. penjualan personal ini juga termasuk mencari calon-calon pelanggan baru (prospek) dan melakukan layanan tindak lanjut setelah terjadi penjualan.

Langkah-Langkah Dalam Proses Penjualan B2B
  • Prospek dan qualify,
  • Pra-pendekatan,
  • Pendekatan,
  • Melakukan presentasi,
  • Menjawab keberatan,
  • Menutup penjualan,
  • Tindak lanjut.

 

Langkah-Langkah Dalam Proses Penjualan B2C

Adalah pendekatan, yang termasuk mengajukan pertanyaan; presentasi, yang termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan; penutupan; dan tindak lanjut.

Hubungan Masyarakat (Humas)

Adalah fungsi yang mengevaluasi sikap masyarakat; mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur dalam merespons permintaan publik, dan melakukan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan publik.

Publisitas

Adalah informasi apapun mengenai seorang individu, produk, atau organisasi yang didistribusikan kepada masyarakat melalui media dan tidak dibayar atau dikendalikan oleh pihak penjual. Merupakan suatu cara efektif untuk menjangkau masyarakat. Kelebihan utama dari publisitas adalah dapat dipercaya.

Promosi penjualan

Adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek. Artinya adalah memberi motivasi bagi orang-orang untuk membeli sekarang dan bukannya nanti. Usaha-usaha promosi penjualan internal ditujukan kepada tenaga penjual dan orang-orang yang berhubungan dengan pelanggan untuk membuat mereka tetap antusias mengenai perusahaan. Aktivitas promosi penjualan internal termasuk pelatihan penjualan, alat bantu penjualan, display audiovisual, dan pameran dagang. Promosi penjualan eksternal (promosi kepada konsumen) termasuk menggunakan sampel, kupon, potongan harga, display, demonstrasi dalam toko, premium, dan insentif-insentif lainnya.

Promosi mulut ke mulut (word-of-mouth promotion)

Adalah suatu alat promosi yang melibatkan orang-orang dengan memberi tahu orang-orang lainnya mengenai produk-produk yang mereka beli.

Viral Marketing

Adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal-hal positif di internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana konsumen memperoleh komisi untuk mengerahkan teman-temannya ke situs web tertentu.

Blogging

Merupakan sebuah blog-singkatan untuk web blog-adalah sebuah buku harian online yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah untuk dibuat dan diperbaharui dengan cara mem-posting teks, foto-foto, atau link ke situs-situs lainnya.

Podcasting

Adalah satu sarana untuk mendistribusikan program-program audio dan video melalui internet yang membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah file, atau dikenal dengan istilah feeds, dan lalu mendengarkan atau menonton bahan-bahan ini pada waktu yang mereka pilih.

 

Jadi, walaupun bauran promosi merupakan aktivitas komunikasi primer bagi perusahaan, seluruh bauran pemasaran promosi dan produk, harga, serta distribusi, harus dikoordinasikan agar memberikan dampak komunikai sebesar-besarnnya.

 

Untuk materi selengkapnya mengenai Menggunakan Teknik Promosi Yang Efektif, bisa di download ppt pada link di bawah ini:

PPT Menggunakan Teknik Promosi Yang Efektif

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

 

hasan100

Leave a Reply