• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Usaha

Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Usaha

Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Usaha

“Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Usaha”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sistem keuangan merupakan rancangan paling penting dalam suatu bisnis. Sebuah usaha akan berjalan baik bila sistem keuangan dan akuntansinya tetrtata rapi, tepat dan lancar. 

Silahkan diunduh file PowerPoint (PDF) berikut ini:

________________________________

Belajar Mudah dengan PowerPoint (PDF):

Manajemen Keuangan & Pembiayaan

Follow Instagram: SDM Unggul Indonesia Maju

________________________________

Saat kita akan memulai usaha, merencanakan sistem keuangan yang baik akan memberi dampak yang positif dalam perjalanan usaha kita.

Seiring berjalannya usaha, akan terlihat pula apakah sistem keuangan yang kita persiapkan memang sudah baik atau belum.  Bagus atau tidaknya bisnis kita akan terlihat pada bagus atau tidaknya cash flow keuangan kita.

Sebagai latihan bagi pebisnis yang baru mengawali usaha adalah dengan memulai mengatur keuangan pribadi. Kuncinya adalah bagaimana komitmen kita mendisiplinkan diri untuk membuat laporan keuangan pribadi dan mengatur keuangan pribadi kita.

Apabila pengaturan ini sudah terbentuk, kita akan lebih mudah menerapkannya dalam bisnis. Keberhasilan pengalaman pribadi akan sangat membantu dalam merumuskan sistem keuangan organisasi.

Dalam memahami sebuah peran manajemen keuangan dan pembiayaan usaha,  ada baiknya terlebih dahulu  kita  memahami mengenai pengertian, tujuan  serta peranannya.

Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Usaha

Analisis kelayakan usaha mencakup beberapa aspek antara lain aspek pasar, aspek teknis dan operasional, aspek finansial dan aspek lingkungan serta aspek legal.

Analisis kelayakan usaha yang disusun merupakan pedoman kerja, baik dalam penanaman investasi, pengeluaran biaya, cara produksi, cara melakukan pemasaran dan cara memperlakukan lingkungan organisasi.

Baca juga: Analisis Aspek Organisasi dan Manajemen

Dalam kenyataannya tidak semua aspek harus diteliti, hanya aspek yang benar-benar dibutuhkan saja yang perlu dianalisis untuk dibahas lebih lanjut.

Modal kerja merupakan besarnya nilai uang yang dibutuhkan untuk mendukung operasionalisasi suatu bisnis. Tanpa adanya sejumlah uang tersebut, operasionalisasi akan terganggu, seperti tidak dapat mendapatkan bahan baku, tidak dapat menyediakan sediaan yang mencukupi dan tidak tercukupinya kas untuk transaksi.

Nah…bagaimana materi lanjutannya? Untuk info lainnya, dapat dengan mudah di download file ppt pada link diatas.

Demikian semoga bermanfaat, dan salam sukses SDM Indonesia.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

__________________________

SDMIndonesia.com

Explore: Training & Development

hasan100

Leave a Reply