• +62-8123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Berpikir Perubahan bagi Entrepreneur

berpikir perubahan bagi entrepreneur

Berpikir Perubahan bagi Entrepreneur

“Pentingnya Berpikir Perubahan bagi Entrepreneur”

Sebagai pemula untuk memulai sebuah usaha (misal: startup) sering merasa “sangat terlihat sulit” dan bahkan ada sebagian orang mengungkapkan sebagai sesuatu yang “tidak mungkin” (hil yang mustahal he he he).

_________________________________

Power Point:

PPT Berpikir Perubahan

_________________________________

Watak manusia, sering menyangkal realita-realita baru dan terbelenggu oleh realita-realita lama. Suka zona nyaman, rutinitas dan enggan berfikir  tentang hal-hal yang baru. Semua itu dibentuk oleh mindset hasil proses belajar dari lingkungan yang tidak kondusif.

Enterepreneur harus selalu waspada dengan perubahan. Dalam lingkungan yang terdisrupsi, perubahan akan semakin bergejolak. Setiap berubahan tentu akan menimbulkan peluang-peluang baru dan ancaman-ancaman baru. Entrepreneur harus fokus pada peluang-peluang baru, bukan pada ancaman-ancaman baru. Fokus pada ancaman akan membuat sikap pesimis dan takut mencoba.

Dalam memahami makna perubahan, ada baiknya terlebih dahulu kita  memahami pengertian, tujuan, manfaat, serta peranan dari pentingnya berpikir perubahan.

Berpikir Perubahan

Berpikir adalah proses memanipulasi data, fakta dan informasi untuk membuat keputusan. Perubahan menjadi lebih baik adalah esensi dari kemajuan. Berarti seseorang harus berpindah posisi semakin ke depan dari posisi semula.

Berpikir perubahan adalah berpikir inovasi. Mencoba hal baru, untuk berpindah dari posisi awal ke posisi yang lebih baik. Salah satu contoh dari berpikir perubahan, misalnya seorang pegawai kantoran yang dulunya sering disuruh-suruh kini menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Mengapa bisa? Karena ada upaya untuk merubah mindset yang bisa membuatnya lebih baik dari sebelumnya.

Dalam berpikir perubahan, seseorang diharapkan memiliki pola pikir yang produktif. Pola pikir seperti inilah yang akan menciptakan ide-ide baru sekaligus dapat membuat seseorang bisa melangkah lebih jauh lagi dalam mengeksplorasi kemampuannya. Entrepreneur diharapkan tidak hanya terpaku pada apa yang sudah ada sekarang yang mungkin dapat membuatnya semakin stagnan. Entrepreneur harus membuka diri untuk melihat kemugkinan-kemungkinan baru yang ada didepan. Sanggup?

Baca juga: Pengembangan UMKM & Kewirausahaan Indonesia

Untuk membangun kebiasaan produktif menjadi kenyataan, entrepreneur harus mengasah kemampuan berpikir. Kebiasaan baru (habit) harus diasah secara berkelanjutan. Senang belajar mencari ilmu-ilmu baru, pengetahuan baru, keterampilan baru.

Manfaat yang bisa didapatkan dari berpikir perubahan sangatlah banyak, diantaranya:

  1. Meningkatkan kemampuan berkreasi dalam diri seseorang.
  2. Merubah kebiasaan yang mungkin dahulunya tidak baik, menjadi lebih bermakna dan lebih baik.
  3. Dapat memotivasi untuk mencoba hal baru yang lebih bermanfaat.
  4. Membuat orang semakin percaya diri dalam menjalani kehidupan.
  5. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah.
  6. Meningkatkan penghasilan /income seseorang.

Untuk materi selengkapnya mengenai seseorang yang berpikir terhadap perubahan, bisa di download ppt pada link datas.

Demikian uraian singkat tentang Berpikir Perubahan bagi Entrepreneur. Semoga bermanfaat dan Berkah, Aamiin.

___________________________________

SDMIndonesia.com

Explore: Training & Development

___________________________________

Iklan Makanan Sehat:

Pesan Online: Kue Sehat Lezat untuk Penyandang Diabetes

hasan100

Leave a Reply