• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Strategi Operasi

Strategi Manajemen Operasional

Strategi Operasi

Operasi bisnis seharusnya tidak hanya sebagai tempat untuk menghasilkan barang dan jasa perusahaan, tetapi juga harus memberikan kekuatan kompetitif pada suatu bisnis. Berbicara mengenai pandangan global strategi operasi, maka disini kami membahas ada enam alasan mengapa operasi bisnis domestik beralih ke operasi bisnis Internasional, faktornya antara lain: Mengurangi biaya (upah, pajak, dll), Memperbaiki rantai pasokan, Menghasilkan pelayanan dan produk yang lebih baik, Memahami pasar, Belajar untuk memperbaiki operasi, Mendapatkan dan mempertahankan bakat global. Selanjutnya kami membahas terlebih dahulu mengenai pengertian, keputusan strategi Manajemen Operasi, strategi perusahaan.

Pengertian Strategi Operasi

Pengertian strategi operasi adalah suatu visi fungsi operasi yang menetapkan keseluruhan arah atau daya dorong untuk pengambilan keputusan. Bertambahnya pengenalan mengenai operasi sangat membantu perusahaan dalam mencapai suautu posisi kompetitif di pasar. Operasi seharusnya tidak hanya sebagai tempat untuk menghasilkan barang dan jasa perusahaan, tetapi juga harus memberikan kekuatan kompetitif pada suatu bisnis.

Pandangan Global Mengenai Operasi

Berbicara mengenai pandangan global operasi, maka disini kami membahas ada enam alasan mengapa operasi bisnis domestik beralih ke operasi bisnis Internasional, faktornya antara lain:

  • Mengurangi biaya (upah, pajak)
  • Memperbaiki rantai pasokan
  • Menghasilkan pelayanan dan produk yang lebih baik
  • Memahami pasar
  • Belajar untuk memperbaiki operasi
  • Mendapatkan dan mempertahankan bakat global
Keputusan Strategi MO

Strategi operasi merupakan salah satu penjabaran dari strategi bisnis atau korporasi sehingga kategori keputusan dapat diambil secara cepat dan konsisten. Dengan demikian strategi operasi akan memberikan arah untuk mengambil keputusan hubungan antara strategi bisnis/korporasi dan strategi operasi. Keputusan dari strategi MO, antara lain:

  1. Perancangan barang dan jasa.
  2. Kualitas.
  3. Perancangan proses dan kapasitas.
  4. Pemilihan Lokasi.
  5. Perancangan Tata Letak.
  6. Sumber Daya manusia dan rancangan pekerjaan.
  7. Manajemen Rantai Pasokan.
  8. Persediaan.
  9. Penjadwalan.
Strategi Perusahaan

Service Strategy adalah strategi yang dilakukan oleh perusahaan jasa dengan penekanan pada proses /pelayanan, meliputi :

  • Standardized Service Strategy: strategi yang dilakukan pada proses yang menyediakan pelayanan dengan jenis variasi pelayanan sedikit dengan pelayanan volume tinggi. Misal: jasa expedisi
  • Assemble to Order Strategy: strategi pelayanan yang meliputi proses keseluruhan dan proses dilakukan untuk menyediakan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Misal: celluler phone, internet access, dll
  • Customized Services Strategy: strategi pelayanan yag didisegn untuk memberikan pelayanan secara individu. Misal: proses pelayanan kesehatan

Manufacturing Strategy adalah strategi yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur, meliputi:

  • Make to Stock Strategy: strategi dengan membuat produk untuk persediaan. Biasanya perusahaan menggunakan pendekatan mass production.
  • Assemble to Order Strategy: strategi dengan merangkai produk sesuai dengan pesanan. Peneananya pada mass cutomizations yaitu memenuhi apa yang diminta oleh konsumen, dan membutuhkan relatif sedikit komponen jika konsumen malukan pemesanan ulang.
  • Make to Order Strategy: strategi yang dilakukan perusahaan dalam membuat produk dengan sedikit volumepelayanan yag didisegn untuk memberikan pelayanan secara individu. Misal: proses pelayanan kesehatan.

Tertarik untuk mempelajari lebih dalam? Untuk materi selengkapnya mengenai Manajemen Operasi, bisa di download ppt pada link di bawah ini:

PPT Strategi Operasi

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

hasan100

Leave a Reply