• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Mendistribusikan Produk dengan Cepat dan Efisien

Mendistribusikan Produk dengan Cepat dan Efisien

Saat menjalankan bisnis, salah satu target yang harus dipenuhi salah satunya adalah target penjualan. Misalkan dalam jangka waktu 3 – 6 bulan, Anda harus memiliki target tertentu untuk bisa menjual produk Anda secara luas. Mendistribusikan barang merupakan salah satu jantung dalam berbisnis. Mengetahui pola-pola distribusi dapat membuat kita mampu meningkatkan penjualan hingga beberapa kali lipat. Saat produk yang Anda hasilkan merupakan produk yang diproduksi dengan kapasitas banyak, tentu Anda menginginkan agar produk tersebut bisa segera sampai ke tangan konsumen. Syaratnya Anda harus memastikan bahwa produk Anda memang dibutuhkan oleh banyak orang dan sifatnya massal. Umumnya produk yang relevan dengan distribusi ini adalah produk-produk untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Contohnya seperti: pangan, sandang, consumer goods, dan pendidikan.

Bagaimana agar produk kita bisa terjual dengan cepat dan efisien? Berikut penjelasannya…

Perantara Pemasaran

Adalah organisasi-organisasi yang membantu memindahkan barang dan jasa dari produsen ke pengguna bisnis dan pengguna akhir, misalnya pengangkutan, penyimpanan, penjualan, periklanan, dan membangun relasi (dengan lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan kebanyakan produsen).

Saluran distribusi

Merupakan saluran perantara pemasaran, seperti agen, calo, perantara grosir, dan perantara ritel yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang di jalur (atau saluran) dari produsen ke konsumen.

Agen/calo

Adalah perantara pemasaran yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam merundingkan sebuah transaksi, tetapi tidak mengambil alih kepemilikan barang.

Perantara grosir

Adalah perantara pemasaran yang menjual kepada organisasi lain.

Peritel

Adalah organisasi yang menjual pada konsumen akhir.

 

Utilitas Yang Diciptakan Perantara

Utilitas

Dalam ilmu ekonomi adalah kemampuan memuaskan keinginan, atau nilai yang ditambahkan pada organisasi pada barang atau jasa pada saat produk dibuat menjadi lebih berguna atau lebih mudah diakses konsumen dibanding sebelumnya. Perantara melakukan enam utilitas pemasaran antara lain:

Utilitas bentuk diberikan terutama oleh produsen dibandingkan dengan perantara yaitu mengambil bahan-bahan mentah dan mengubah bentuknya.

Utilitas waktu ditambahkan pada produk dengan cara membuat produk-produk tersebut tersedia saat dibutuhkan.

Utilitas tempat yaitu dengan menambahkan nilai pada produk dengan cara menaruh barang ditempat oaring-orang menginginkannya.

Utilitas kepemilikan yaitu melakukan apa pun yang perlu untuk memindahkan kepemilikan dari satu pihak ke pihak lain, termasuk memberikan kredit pengantaran, pemasangan, jaminan, dan layanan lanjutan.

Utilitas informasi dengan menambahkan nilai pada produk dengan cara membuka arus infomasi dua arah antarpeserta pemasaran.

Utilitas layanan dengan menambahkan nilai dengan cara menyediakan layanan yang cepat dan ramah selama dan setelah penjualan dan dengan cara mengajarkan pelanggan bagaimana cara terbaik menggunakan produk dengan berlalunya waktu.

Perantara grosir

Adalah perantara pemasaran yang menjual pada organisasi-organisasi dan individu-individu, tetapi tidak pada konsumen akhir.

Organisasi-organisasi perantara yang membantu dalam pergerakan barang dari produsen ke konsumen.

 

Untuk materi selengkapnya mengenai Mendistribusikan Produk dengan Cepat dan Efisien, bisa di unduh ppt pada link di bawah ini:

PPT Mendistribusikan Produk dengan Cepat dan Efisien

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

 

hasan100

Leave a Reply