• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Perencanaan Strategi Pemasaran

Penyusunan Rencana Pemasaran

Perencanaan Strategi Pemasaran

Pengantar

Sebuah perusahaan seharusnya memiliki sebuah rencana strategi dalam keberlangsungan perusahaannya, termasuk dalam pemasaran produk atau jasa yang diproduksinya. Memikirkan bagaimana sebuah perusahaan memutuskan untuk masuk ke dalam sebuah bisnis, apakah mereka sudah siap bersaing dengan perusahaan/produsen lain, apakah target mereka akan sama atau berbeda. Hal-hal inilah yang harus dipikirkan dalam strategi sebuah pemasaran. Perencanaan strategi pemasaran adalah bagaimana cara untuk dapat menemukan berbagai peluang menarik dan menyusun strategi yang menguntungkan. Kegiatan penyusunan rencana pemasaran inilah yang disebut dengan perencanaan pemasaran.

Manfaat perencanaan pemasaran :

  1. Usaha mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik.
  2. Usaha untuk mendorong cara berpikir jauh kedepan.
  3. Usaha mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang didasarkan atas standar prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.

Tujuan perencanaan pemasaran :

  1. Menggunakan cara-cara berusaha dibidang pemasaran secaar intensif dan optimal.
  2. Menyeimbangkan dan menyelaraskan kegiatan pemasaran yang dapat menjamin tercapainya tujuan dan sasaran.
  3. Menjamin keselarasan dan keserasian antara bagian yang terdapat dalam perusahaan dalam usaha pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan.

Macam-macam Perencanaan Pemasaran

  1. Perencanaan pasar yang strategis (Strategic Market Planning). Perencanaan ini berkaitan dengan perencanaan usaha perusahaan, kearah mana usaha perusahaan akan dikembangkan. Dalam perencanaan ini akan dicakup penetapan pasar yang mana akan dilayani dan produk apa yang harus dihasilkan dan dipasarkan.
  2. Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan (Corporate Marketing Planning) Perencanaan ini merupakan perencanaan jangka panjang yang bersifat  menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai strategi dan program pokok dibidang pemasaran perusahaan, yang akan dilaksanakan  untuk mencapai tujuan perusahaan dalam suatu jangka waktu tertentu.
  3. Perencanaan Pemasaran yang strategis ( Strategic  marketing Planning) Perencanaan ini berkaitan dengan usaha untuk memasarkan produk perusahaan. Perencanaan ini mencakup strategi pemasaran yang terpadu. Yang dimaksud dengan acuan pemasaran (marketing mix), yaitu strategi produk, strategi harga, distribusi dan strategi promosi.
  4. Perencanaan pemasaran yang operasional (Operational Marketing Planning)Perencanaan ini merupakan perencanaan kegiatan pelaksanaan dibidang pemasaran yang rinci atas daerah/wilayah niaga, produk, dan waktu.

Tertarik mempelajari lebih dalam? Untuk materi selengkapnya tentang perencanaan strategi pemasaran, bisa di download ppt pada link di bawah ini :

Klik dibawah ini:

PPT Perencanaan Strategi Pemasaran

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Pelatihan & In-house Training


Untuk Informasi In-House Training & Pelatihan Pemasaran

Dapatkan informasi terkait: Perencanaan Strategi Pemasaran / marketing / goal / strategy / marketing strategy / swot analysis / long term goal / training / in-house training / training center / pelatihan pemasaran / lokakarya / bimtek / pemasaran

hasan100

Leave a Reply