• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Membangun Kepercayaan Diri

Pelatihan dan Training SDM Indonesia

Membangun Kepercayaan Diri

Membangun Kepercayaan Diri & Sikap Positif

Kepercayaan diri merupakan keyakinan individu tentang dirinya bahwa mampu berperilaku sesuai dengan harapan, kebutuhan atau keinginan untuk tujuan kesuksesan hidup. Hal terpenting dari rasa percaya diri adalah adanya perasaan atau kepercayaan bahwa individu dapat melakukan sesuatu sesuai dengan harapan yang dimiliki tapi bukan berarti induvidu tersebut mampu dan kompeten melakukan segala sesuatu seorang diri. Rasa percaya diri yang tinggi sebenarnya hanya merujuk pada adanya beberapa aspek dari kehidupan individu dimana ia merasa memiliki kompetensi, yakin, mampu dan percaya bahwa dia bisa karena didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang realistik terhadap diri sendiri.

Orang yang memiliki kepercayaan rendah atau telah kehilangan kepercayaan, cenderung merasa bersikap sebagai berikut :

  1. Tidak bisa mendemonstrasikan kemampuan berbicara dan kemampuan mendengarkan yang meyakinkan.
  2. Tidak memiliki sesuatu (keinginan, tujuan, target) yang diperjuangkan secara sungguh-sungguh.
  3. Mudah frustasi atau give-up ketika menghadapi masalah atau kesulitan.
  4. Canggung dalam menghadapi orang.
  5. Sering memiliki harapan yang tidak realistis.
  6. Kurang termotivasi untuk maju, malas-malasan atau setengah-setengah.
  7. Terlalu perfeksionis.
  8. Terlalu sensitif.
  9. Sering gagal dalam menyempurnakan tugas-tugas atau tanggung jawab (tidak optimal).

Sebaliknya, orang yang mempunyai kepercayaan diri yang bagus, mereka memiliki perasaan positif terhadap dirinya, punya keyakinan yang kuat atas dirinya dan punya pengetahuan akurat terhadap kemampuan yang dimiliki. Orang yang punya kepercayaan diri bagus bukanlah orang yang hanya merasa mampu (tetapi sebetulnya tidak mampu) melainkan adalah orang yang mengetahui bahwa dirinya mampu berdasarkan pengalaman dan perhitungannya.

Cara Membangun Kepercayaan Diri

Hilangkan apa pun yang dapat memunculkan pikiran negatif. Jangan biarkan diri Anda berada dalam situasi yang membuat Anda merasa negatif kepada diri sendiri. Misalnya, pengingat akan masa lalu, pakaian yang sudah tidak pas lagi, atau tempat yang tidak sesuai dengan tujuan baru Anda untuk memiliki kepercayaan diri.

Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain. Berpeganglah pada standar yang anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apapun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat.

Kenali bakat Anda. Setiap orang mempunyai keahlian, jadi carilah apa yang mampu anda lakukan dengan baik, lalu berfokuslah pada bakat anda. Temukan apa yang anda sukai lalu kembangkan bakat yang sesuai dengan minat anda tersebut.

Banggalah kepada diri sendiri. Anda tidak cuma harus bangga dengan bakat atau keahlian, tetapi juga harus memperhatikan semua hal yang membuat kepribadian Anda istimewa. Misalnya, rasa humor, kasih sayang, keahlian mendengarkan, atau kemampuan mengatasi stres.

Untuk materi selengkapnya tentang cara membangun kepercayaan diri bisa langsung di download pada link di bawah ini :

PPT Membangun Kepercayaan diri

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

admin,

SDMIndonesia.com

Pelatihan/In-House Training/Pendampingan

Pelatihan Kerja & Training Center


Untuk Pelatihan/ In-House Training:
Membangun Rasa Percaya Diri & Sikap Positif
Hubungi Customer Service Anda (Klik disini)

 

hasan100

Leave a Reply