• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Manajemen Waktu: Metode & Strategi

Pelatihan manajemen waktu

Manajemen Waktu: Metode & Strategi

Ketrampilan Manajemen Waktu

Manajemen Waktu

Manajemen waktu (Time Management) adalah suatu proses yang berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan tertentu maupun sasaran yang sebelumnya telah ditentukan untuk bisa dicapai dalam suatu periode tertentu dengan penggunaan sumber daya secara efisien dan efektif, seperti misalnya adalah waktu, uang, manusia, perlengkapan, metode dan bahan. Dapat pula dikatakan bahwa manajemen waktu adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan juga pengawasan mengenai produktivitas tertentu.

Efektifitas & Efisiensi

Tingkat efektivitas dari suatu manajemen waktu akan bisa terlihat dari pencapaian suatu target dan juga tujuan tujuan dari manajemen waktu tersebut dilakukan. Efisien sendiri memiliki dua makna yaitu antara lain pengurangan waktu yang telah dialokasikan serta adanya makna investasi dari waktu dengan penggunaan waktu yang telah tersedia.

Skala Prioritas

Manajemen waktu juga tidak akan lepas dari bagaimana anda bisa menentukan skala prioritas. Ketika anda dihadapkan dengan beberapa hal yang penting namun hanya diberikan alokasi waktu yang sedikit, maka tugas anda untuk menentukan skala prioritas, mana kegiatan yang penting untuk dilakukan dan memerlukan lebih banyak perhatian dan mana kegiatan yang bisa ditinggalkan sehingga dapat menghemat alokasi waktu.

Untuk mempermudah kita dalam mengelola waktu, perlu dilakukan yang namanya kriteria prioritas kegiatan yang terdiri dari 4 kuadran, yaitu :

  • Kuadran 1 : penting & mendesak, maksudnya adalah kegiatan yang harus dikerjakan dan tidak bisa ditunda. Contohnya membawa teman yang pingsan ke ruang kesehatan.
  • Kuadran 2 : tidak penting tapi mendesak, maksudnya adalah kegiatan yang tidak penting namun memaksa kita untuk segera melaksanakannya. Contohnya terpaksa mengantar adik.
  • Kuadran 3 : penting tapi tidak mendesak, maksudnya adalah kegiatan yang semuanya penting namun tidak mendesak. Contohnya olahraga.
  • Kuadran 4 : tidak penting & tidak mendesak, maksudnya adalah kegiatan yang tidak penting dan tidak perlu segera dilakukan. Contohnya nonton tv.

Agar bisa mengatur waktu dengan baik, maka seorang individu perlu mengetahui prinsip dasar dari manajemen waktu. Prinsip dari manajemen waktu berhubungan dengan bagaimana individu bisa menentukan prioritas dari kegiatan kegiatan yang dijalankannya.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan download ppt pada file di bawah ini :

Klik disini:

PPT Manajemen Waktu

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi / Pelatihan Kerja / Training Center / Manajemen /SDM / Training / Pelatihan / Pelatihan manajemen waktu / Training time management / Trampil mengelola waktu


hasan100

Leave a Reply