• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Membangun Kerjasama Tim

Kerja Tim

Membangun Kerjasama Tim

Building An Affective Team

Pengertian Tim

Dalam dunia kerja, kerja sama merupakan salah satu elemen penting dalam hal meraih tujuan. Dalam bekerja di suatu instansi atau perusahaan tentunya memerlukan sinergi setiap tim antar departemen untuk mencapai target secara keseluruhan karena sinergi dalam tim akan menghasilkan output yang lebih besar dibandingkan dengan bekerja secara individu. Kerjasama tim tak hanya bisa menyelesaikan tugas-tugas kecil namun bisa meraih tujuan tim yang merupakan proyek besar dari tim. Dari ilustrasi ini, maka yang dimaksud dengan kerjasama tim adalah Sekumpulan dua orang atau lebih yang satu sama lain berinteraksi dalam mencapai tujuan bersama.

Sebuah tim lebih dari sekadar sejumlah orang yang mengenakan atribut yang sama. Bekerja sama dalam sebuah tim berarti mengarahkan pencapaian-pencapaian individual menuju mencapai tujuan bersama/organisasional. Di dalamnya ada proses saling memberi dan menerima. Karena bekerja sama orang-orang biasa dapat mencapai hasil yang hebat. Sebaliknya, sekumpulan orang yang hebat dapat tak mencapai apapun kalau mereka tidak mau bekerja sama sehingga dikatakan, “It is easy to get good players. Getting them to play together, that is the Hard Part”.

Tim, Bukanlah Kelompok

Kelompok (group) adalah dua orang atau lebih dengan hubungan yang sifatnya umum.Sebuah kelompok bisa jadi adalah rekan kerja atau orang-orang yang berkumpul untuk makan siang. Sedangkan Tim (team) adalah sejumlah kecil orang dengan keterampilan yang saling melengkapi, berkomitmen pada satu tujuan umum, target-target, dan pendekatan yang untuknya mereka mempertahankan diri mereka dengan bertanggung jawab secara mutual.

Kelompok dapat menjadi tim jika:

  • Tim bekerja menyelesaikan masalah secara kontinu, bukan sekadar menjadwalkan waktu untuk rapat.
  • Ukuran tim untuk efektivitas adalah hasil dan tujuan bersama, bukan hasil dan tujuan individual.
  • Anggota-anggota tim menjalankan kepemimpinan.
  • Baik individu maupun tim secara keseluruhan memiliki tanggung jawab atas pekerjaan dalam tim.
  • Tim membangun sebuah tujuan atau misi.

Manfaat Adanya Tim

  • Dengan adanya kelompok maka risiko pekerjaan ditanggung oleh kelompok.
  • Sumber lebih banyak dan terjadi proses belajar.
  • Kelemahan individu teratasi oleh kelompok.
  • Kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dapat lbih akurat.

Cara Membangun Rasa Kebersamaan Tim

  • Tim yang dinamis akan berjalan apabila anggota-nya mampu membangun rasa kebersamaan secara efektif.
  • Rasa kebersamaan dapat terwujud, bila para anggota tim mampu menerima keragaman anggotanya. Karena hakekatnya tidak seorang manusiapun yang sama, termasuk mereka yang lahir kembar (twin).
  • Tim akan efektif bila dibangun berdasarkan kebersamaan, tidak memandang pangkat, suku, golongan. Menunjukkan saling percaya, saling menghargai dan dilandasi keterbukaan.

Untuk materi selengkapnya tentang membangun kerjasama tim, bisa di download ppt pada link di bawah ini :

PPT Membangun Kerjasama Tim

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

admin,

SDMIndonesia.com

Dapatkan Informasi terkait: Konsultasi / Pelatihan Kerja / Training Center / Strategi Bisnis /SDM / Training / Pelatihan / Pelatihan Motivasi / Teamwork / Kerja tim / training team building /Oubound Training / Leadership / Komunikasi / In-house training / Sinergi / SDM Indonesia / Manajemen / Kualitas / Leadership



hasan100

Leave a Reply