• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Memahami Informasi Keuangan dan Akuntansi

Memahami Informasi Keuangan dan Akuntansi

Perusahaan dikatakan maju dan bertumbuh dengan baik ketika bisa menyajikan informasi keuangan yang rapi, valid, akurat, serta mudah dipahami. Dimana penyajian informasi tersebut dapat diperoleh melalui proses akuntansi yang benar. Salah satunya yaitu:

Akuntansi

Adalah pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan, dan penginterpretasian kejadian dan transaksi keuangan yang mempengaruhi suatu organisasi. Metode yang digunakan untuk mencatat dan meringkas data akuntansi ke dalam laporan disebut sistem akuntansi. Profesi akuntansi mencakup lima bidang utama yaitu akuntansi manajerial, akuntansi keuangan, auditing, akuntansi pajak, akuntansi pemerintah dan nirlaba.

Akuntansi manajerial

Menyediakan informasi dan analisis bagi manajer di dalam perusahaan untuk membantu dan membuat keputusan.

Certified Management Accountant (CMA)

Adalah seorang akuntan yang telah menempuh persyaratan edukasi dan pengalaman tertentu, lulus ujian kualifikasi di bidang tersebut, dan telah disertifikasi oleh institute of Certified Management Accountants.

Akuntansi keuangan

Menyediakan informasi dan analisis bagi pengguna data eksternal, seperti kreditur dan pemberi pinjaman. Laporan tahunan adalah suatu laporan setiap tahun mengenai kondisi keuangan, kinerja, dan harapan-harapan organisasi.

Akuntan swasta

Adalah seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, agen pemerintah, atau oraganisasi nirlaba tertentu.

Akuntan publik

Adalah seorang akuntan yang menyediakan jasa akuntansi kepada individu atau bisnis atas dasar komisi. Certified Public Accountant (CPA) adalah soerang akuntan yang talah lulus serangkaian ujian yang diselenggarakan oleh American Institute of Certified Public Accountants.

Auditing

Adalah tugas meninjau ulang dan mengevaluasi catatan yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan suatu perusahaan. Certified Internal Auditor (CIA)adalah seorang akuntan yang memiliki gelar sarjana dan dua tahun pengalaman di auditing internal, dan yang telah lulus suatu ujian yang diselenggarakan oleh Institute of Internal Auditors.

Audit Independen

Adalah suatu evaluasi dan opini yang netral mengenai keakuratan laporan keuangan perusahaan.

Akuntan pajak

Adalah seorang akuntan yang diberikan pelatihan mengenai hukum pajak dan bertanggung jawab untuk mempersiapkan SPT Pajak atau mengembangkan strategi pajak.

Akuntansi Pemerintahan dan Nirlaba

Adalah sistem akuntansi bagi organisasi yang tidak berorientasi laba tetapi melayani ratepayers, pembayar pajak, dan lainnya sesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.

 

Bagaimana untuk materi selengkapnya? Silahkan di download ppt pada link di bawah ini:

PPT Memahami Informasi Keuangan dan Akuntansi

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

 

hasan100

Leave a Reply