• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Konsep Penilaian (Valuation) Surat Berharga

Konsep Penilaian (Valuation) Surat Berharga

Pengertian Penilaian

Konsep penilaian (valuation) merupakan proses penentuan harga surat berharga atau aktiva/aset modal yang ada di suatu perusahaan. Penilaian untuk aktiva modal berupa surat berharga seperti obligasi, saham preferen dan saham biasa dalam rangka melihat nilai perusahaan. Elemen penilaian adalah penerimaan yang akan diperoleh di masa yg akan datan.

Penilaian Obligasi dan Saham

Obligasi
Obligasi merupakan surat tanda berhutang (promissory note) jangka panjang (lebih dari 1 tahun) yang dikeluarkan oleh perusahaan. Obligasi memiliki nilai nominal, tingkat bunga tertentu dan masa berlaku jangka waktu tertentu
Pemegang obligasi atau bondholder adalah perusahaan yang memberi pinjaman atau pihak kreditur atau pemegang obligasi.Investor yang membeli obligasi mempunyai tujuan utama memperoleh return / hasil atau yield yang diharapkan diterima di masa datang.

Beberapa istilah dalam obligasi :

  • Par value adalah jumlah yang dijanjikan pihak penerbit pada saat jatuh tempo yang tertera pada lembaran obligasi disebut juga dengan nilai nominal.
  • Coupon interest rate adalah tingkat bunga obligasi per tahun yang diperoleh dengan cara membagi coupon payment dengan par value.
  • Maturity date merupakan tanggal jatuh tempo obligasi adalah saat obligasi harus dilunasi sebesar par value.
  • Yield to maturity adalah return / pendapatan yang diharapkan dapat diperoleh oleh pemegang obligasi jika obligasi tersebut dimiliki sampai jatuh tempo.
  • Yield to call adalah tingkat return / pendapatan yang diharapkan dapat diperoleh oleh pemegang oblgasi jika obligasi tersebut dimiliki tidak sampai jatuh tempo.
  • Discount bond adalah diskon atau potongan nilai obligasi jika suatu obligasi dijual di bawah harga nominal (par value), terjadi jika tingkat bunga obligasi lebih rendah dari bunga bank.
  • Premium bond adalah kelebihan nilai obligasi jika suatu obligasi dijual di atas harga nominal (par value), terjadi jika tingkat bunga obligasi lebih tinggi dari bunga bank.

Saham Preferen
Saham preferen merupakan surat penyertaan kpemilikan /saham yang mempunyai preferensi / keistimewaan tertentu dibnding saham biasa. Keistimewaan saham preferen : pembayaran deviden sifatnya tetap per tahun dan dibayarkan lebih dahulu dibanding deviden saham biasa dan pembagian kekayaan perusahaan apabila perusahaan tersebut dilikuidasi Saham preferen adalah sebuah hybrid maksudnya adalah saham yang serupa dengan obligasi dalam beberapa hal dan dengan saham biasa dalam hal lainnya. Saham preferen membayarkan deviden yang tetap dan reguler kepada pemiliknya dan pembayaran berlangsung selamanya.

Saham Biasa
Saham biasa merupakan surat bukti penyertaan atas suatu perusahaan yang mengeluarkan / emiten
Saham biasa memberi hak deviden kepada pemegangnya jika perusahaan mendapat laba

Untuk informasi/materi lebih lanjut beserta rumus-rumus mengenai valuation bisa di download pada link di bawah ini :

Klik dibawah ini:

PPT Penilaian (Valuation)

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Pelatihan & In-house Training


Untuk Informasi In-House Training
Penilaian (Valuation)

Hubungi Customer Service kami

hasan100

Leave a Reply