• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Biaya Modal (Cost of Capital)

Biaya Modal (Cost of Capital)

Biaya Modal (Cost of Capital)

Pengertian Biaya Modal

Biaya modal (Cost of Capital) adalah biaya riil yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana baik yg berasal dari hutang, saham preferen, saham biasa, dan laba ditahan untuk mendanai suatu investasi atau operasi perusahaan.

Penentuan besarnya biaya modal ini dimaksudkan untuk mengetahui berapa besarnya biaya riil yang harus dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh dana yang diperlukan.

Fungsi Biaya Modal

  1. Terkait dengan pajak yg dikenakan pd perusahaan : Biaya modal yang dikenakan pada modal pinjaman berbeda dg biaya modal dari modal sendiri.
  2. Sebagai Discount Rate : Untuk menentukan diterima atau ditolaknya suatu usulan investasi yaitu dengan membandingkan tingkat keuntungan (rate of return) dari usulan investasi tsb dengan biaya modalnya.

Jenis-Jenis Biaya Modal

Biaya Modal Individual

  • Biaya Modal Hutang Jangka Pendek : Hutang jangka pendek (hutang lancar) mrp hutang yg jangka waktu pengembaliannya kurang dr 1 tahun, yang terdiri dari hutang perniagaan (trade account payable), hutang wesel & kredit jk pendek dr bank.
  • Biaya Modal Hutang JK Panjang : Pada dasarnya biaya penggunaan hutang jangka panjang (cost of debt) yang biasanya berasal dari obligasi (cost of bond).
  • Biaya Modal Saham Preferen (cost of preferred stock atau kp) : Adalah biaya riil yang harus dibayar jika perusahaan menggunakan dana dg menjual saham preferen. kp diperhitungkan sebesar tingkat keuntungan yang disyaratkan (required rate of return) oleh investor pemegang saham preferen, Artinya tingkat keuntungan yang diharapkan oleh investor merupakan biaya yang harus ditanggung emiten.
  • Biaya Modal Saham Biasa dan Laba Ditahan atau Biaya Modal Sendiri (equitas atau ke) : Merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan yang memperoleh dana dengan menjual saham biasa atau menggunakan laba ditahan untuk investasi.

Untuk informasi/materi lebih lanjut beserta rumus-rumus mengenai biaya modal bisa di download pada link di bawah ini :

Klik dibawah ini:

PPT Biaya Modal

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Pelatihan & In-house Training


Untuk Informasi In-House Training
Biaya Modal (Cost of Capital)

Hubungi Customer Service kami

hasan100

Leave a Reply