• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Berpikir Kreatif

Berpikir Kreatif

Banyak orang berpikir bahwa kreatifitas bersifat impulsif. Tetapi hal itu tidak benar, orang-orang yang bekerja di bidang industri kreatif tahu betul hal itu. Kreatifitas pasti akan memerlukan usaha. Dalam memahami sebuah pemikiran seseorang secara kreatif,  ada baiknya terlebih dahulu  kita  memahami mengenai pengertian, maksud dan  tujuan  serta  karakteristik dari sebuah berpikir kreatif.

Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif adalah menggunakan kemampuan berpikir kita untuk membuat hubungan yangan baru & hubungan yang lebih berguna dari informasi yang sebelumnya sudah kita ketahui. Jadi berpikir kreatif tidak selalu menghasilkan sesuatu yang betul-betul baru melainkan bisa menghubungkan hal-hal yang sudah kita ketahui menjadi pengertian yang lebih sempurna. Jika dilihat dari definisi ini sebenarnya semua orang adalah kreatif.

Kreativitas terbagi atas:

  • Kreativitas yang umumnya dimiliki secara alamiah seperti artistik, menulis buku, melukis, menggubah musik, dan sebagainya.
  • Kreativitas penemuan seperti yang dialami oleh Archimedes saat keluar dari kamar mandinya dan berteriak “Eureka” atau saat lahirnya konsep produk baru.
  • Kreativitas umum yang memandang dunia sekitar dari sudut pandang yang berbeda.
Pengertian Kreativitas

Ada beberapa pengertian yang dikemukakan para ahli antara lain:

  • David Cambell Ph.D; kreativitas adalah kegiatan mendatangkan hasil dengan kandungan ciri inovatif, berguna dan dapat dimengerti.
  • James R Evan; kreativitas adalah ketrerampilan untuk menemukan pertalian baru, melihat subjek dari perspektif baru dan membentuk kombinasi dari dua atau lebih konsep yang telah ada dalam pikiran.
  • Michael A. West; kreativitas merupakan pernyataan pengetahuan dari berbagai bidang pengalaman yang berkaitan untuk menghasilkan ide-ide baru dan lebih baik.
  • Pemikiran kreatif merupakan penggabungan kembali batas-batas pikiran. Kreativitas melibatkan energi pikiran, melibatkan penemuan dan produktivitas yang antusias.
  • Merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk ciri-ciri aptitude (kemampuan berpikir kreatif) maupun non-aptitude (afektif), baik dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang semuanya itu relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.

 

Untuk materi selengkapnya mengenai seseorang yang berpikir kreatif, bisa di download ppt pada link di bawah ini:

PPT Berpikir Kreatif

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

 

 

 

hasan100

Leave a Reply