• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Analisa Jabatan: Menyiapkan kebutuhan SDM yang handal

Perencanaan SDM

Analisa Jabatan: Menyiapkan kebutuhan SDM yang handal

Analisa Jabatan (Job Analysis)

Pengertian

Analisa Jabatan adalah suatu proses untuk mengidentifikasi  dan mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan pekerjaan dan tugas dalam suatu jabatan,  yang selanjutnya  menetapkan tugas dan ketrampilan yang disyaratkan dalam suatu jabatan.

Dessler (1997), mengungkapkan bahwa analisa jabatan merupakan prosedur untuk menetapkan tugas dan tuntutan keterampilan dari suatu jabatan dan orang yang seperti apa yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut. Dalam pengertian ini, dessler menekankan pada dua aspek, yaitu meyangkut isi pekerjaan dan orang yang melaksanakan pekerjaan.

Analisa jabatan digunakan untuk menetapkan SDM yang seperti apa yang dibutuhkan perusahaan sehingga hasil dari analisis jabatan yaitu berupa deskripsi jabatan (job description) dan spesifikasi jabatan (job specification).

Hasil Analisis Jabatan

  1. Deskripsi Pekerjaan adalah pernyataan tertulis tentang apa yang harus dikerjakan oleh pemegang jabatan, bagaimana cara mengerjakannya dan dan dalam kondisi apa pekerjaan tersebut dilaksanakan. Memuat bagian-bagian tentang: Identifikasi Jabatan, Ringkasan Jabatan, Hubungan, tanggung jawab dan kewajiban, Wewenang pemegang jabatan, Standar kinerja, Kondisi kerja, dan Spesifikasi jabatan.
  2. Spesifikasi Jabatan adalah Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pekerja yang akan menduduki suatu jabatan, supaya dia dapat melaksanakan pekerjaannya dengan maksimal. Memuat bagian-bagian tentang: Persyaratan mengenai minimal pendidikan, pelatihan dan pengalaman kerja yang dimiliki, Persyaratan mengenai wawasan dan kemampuan apa saja yang dimiliki, Persyaratan mengenai jenis kelamin dan umur, Persyaratan mengenai kesehatan seperti keadaan fisik dan mental.

Tujuan Analisa Jabatan

  • Untuk rekruitmen dan seleksi : Perekrutan karyawan baru, Menentukan tingkat gaji yang tepat, Persyaratan minimum ( pendidikan dan atau pengalaman), seleksi, orientasi, hingga evaluasi.
  • Kompensasi : menetapkan bonus sesuai prestasi dan peningkatan kinerja.
  • Penilaian kerja : Tujuan dan sasaran, kinerja standar, Panjang periode percobaan, tugas untuk dievaluasi, Kriteria evaluasi.
  • Pelatihan dan pengembangan : Pelatihan konten, Penilaian tes untuk mengukur efektivitas pelatihan, Peralatan yang akan digunakan dalam memberikan pelatihan, Metode pelatihan ( kelompk kecil, berbasis computer, video ).

Untuk materi selengkapnya tentang analisa jabatan bisa langsung di download pada link di bawah ini :

Klik Disini:

Analisa Jabatan

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

admin,

SDMIndonesia.com

Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Balikpapan

Dapatkan informasi terkait: Konsultasi / Pelatihan / In-house Training / Training / Training Center / Pelatihan Kerja / Contoh Pelatihan / Mengelola Perubahan / Managing Change / Managing Change for Success / SDMIndonesia


Untuk Konsultasi / Training & Pendampingan Analisis Jabatan di Perusahaan
Hubungi Customer Service Anda (klik disini)

hasan100

Leave a Reply