• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Analisis Aspek Organisasi dan Manajemen

Analisis Aspek Organisasi dan Manajemen

Manajemen merupakan pengaturan, yang memiliki arti sebuah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Jadi manajemen adalah bagaimana kita bisa mengatur sumber daya agar suatu usaha dapat berjalan di koridor yang sesuai sebagaimana mestinya demi tercapainya suatu tujuan. Hampir semua perusahaan memiliki manajemen tersendiri yang diduduki oleh orang-orang yang berpengalaman didalamnya. Karena manajemen dalam dunia usaha sangat penting, maka suatu usaha apalagi yang sedang di rintis tidakakan bisa berjalan teratur dan konsisten tanpa adanya sebuah  manajemen di dalamnya. Manajemen sendiri harus  berjalan seiring dengan usaha karena hubungannya yang saling terikat dan tidak bisa digugurkan salah satunya karena usaha dan manajemen memang harus dimulai secara bersamaan dan berdampingan.

Manajemen pun mulai memiliki banyak ragam, seperti manajemen keuangan, manajemen  pembangunan  dan lain sebagainya. Dan di setiap aspek tersebut haruslah dipegang oleh  profesional yang akan menjadi jaminan  untuk  suksesnya  sebuah usaha yang akan atau sedang dirintis yang terdiri  dari perorangan atau bisa juga organisasi-organisasi khusus. Karena manajemen yang baik juga menjadi faktor dari berhasil tidaknya suatu usaha, maka suatu  usaha yang mengalami kebangkrutan mencerminkan dari buruknya manajemen di dalamnya pun sebaliknya. Dalam manajemen juga terdapat aspek-aspek yang harus diketahui terlebih dalam manajemen pembangunan proyek dan kaitannya dengan sumberdaya manusia. Berikut penjelasannya…

Analisis Aspek Organisasi dan Manajemen

Aspek manajemen dan organisasi adalah aspek yang sangat penting dalam  suatu usaha. Karena usaha yang akan atau  sedang dirintis mungkin saja akan mengalami kegagalan jika  manajemen dan organisasi tidak berjalan dengan baik. Proses manajemen sendiri juga terdapat kaidah-kaidah agar suatu usaha bisa berjalan lebih  mudah. Dan aturan itu sendiri  bisa tergambar  jelas melalui fungsi-fungsi manajemen berikut:

  1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah proses untuk menentukan  kemana dan  bagaimana suatu usaha akan dijalankan atau dimulai untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian adalah proses untuk mengelompokkan kegiatan-kegiatan dalam unit-unit tertentu agar jelas dan teratur sesuai dengan tanggungjawab dan wewenang si pemegang unit.

  1. Pelaksanaan (Actuating)

Pelaksanaan adalah proses dimana semua  hal yang terencana telah dimulai  oleh  seluruh unit. Seperti seorang  manajer yang mengerahkan  seluruh  bawahannya untuk memulai pekerjaan sesuai dengan tugas yang telah ditetapkan kepadanya.

  1. Pengawasan (Controlling)

Pengawasan adalah proses untuk mengukur, menilai dan mengevaluasi hasil pekerjaan agar tetap  sesuai dengan rencana awal dan mengoreksi  berbagai penyimpangan selama proses pelasanaan  kerja.

 

 

Bagaimana ulasan selanjutnya mengenai Analisis Aspek Organisasi dan Manajemen? Silahkan download ppt pada link di bawah ini:

PPT Analisis Aspek Organisasi dan Manajemen

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

 

 

hasan100

Leave a Reply