• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Analisis Aspek Dampak Keberadaan Proyek Terhadap Perekonomian Dan Lingkungan

Analisis Aspek Dampak Keberadaan Proyek Terhadap Perekonomian Dan Lingkungan

Perkembangan bisnis saat  ini telah menjadi suatu  perkembangan yang sangat signifikan. Untuk menjalankan usaha diperlukan studi kelayakan bisnis, apakah sebuah usaha layak dijalankan atau tidak layak dijalankan. Studi kelayakan bisnis adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek  baik itu dari aspek  hukum, sosial ekonomi  dan  budaya, aspek  pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampai  dengan aspek manajemen  dan keuangannya, aspek tersebut digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan  hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan  apakah  suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau  ditunda  dan bahkan tidak dijalankan.

Dalam memahami sebuah studi kelayakan bisnis pada aspek dampak keberadaan proyek terhadap perekonomian dan lingkungan,  ada baiknya terlebih dahulu  kita  memahami mengenai pengertian , maksud dan  tujuan  serta fungsi dari sebuah  studi kelayakan bisnis pada aspek dampak keberadaan proyek terhadap perekonomian dan lingkungan

Analisis Aspek Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor yang penting dalam berwirausaha. Jika dalam  menentukan lingkungan kita salah memilih maka usaha  tersebut bisa tidak  berjalan  dan menghasilkan   keuntungan yang maksimal. Studi lingkungan usaha merupakan suatu langkah yang penting dilakukan dengan tujuan  untuk menemukan apakah lingkungan di mana usahanya itu akan berdiri nantinya tidak akan menimbulkan ancaman dan justru dapat memberikan peluang di luar dari usaha yang utama.

Lingkungan tempat bisnis akan dijalankan harus dianalisis dengan cermat. Hal ini disebabkan lingkungan disatu sisi dapat  menjadi peluang dari bisnis yang akan dijalankan, namun disisi lain lingkungan juga dapat menjadi  ancaman bagi perkembangan bisnis. Keberadaan bisnis dapat berpengaruh terhadap lingkungan, baik  lingkungan masyarakat maupun lingkungan ekologi tempat bisnis yang akan dijalankan.

Analisis aspek lingkungan dilakukan untuk apakah lingkungan setempat sesuai dengan ide bisnis yang akan dijalankan dan apakah manfaat bisnis bagi  lingkungan lebih besar dibandingkan  dampak negatifnya. Suatu ide bisnis dinyatakan  layak berdasarkan aspek lingkungan sesuai dengan  kebutuhan ide bisnis dan ide bisnis tersebut  mampu memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan  dampak  negatifnya di wilayah  tersebut.

Tujuan Aspek  Lingkungan Dalam Studi Kelayakan
  1. Menganalisis kondisi lingkungan operasional
  2. Menganalisis kondisi lingkungan  industri
  3. Menganalisis lingkungan ekonomi
  4. Menganalisis dampak positif maupun negative  bisnis terhadap lingkungan
  5. Menganalis usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak negatif bisnis terhadap lingkungan.

 

Bagaimana ulasan selanjutnya? Silahkan unduh ppt pada link di bawah ini:

PPT Analisis Aspek Dampak Keberadaan Proyek Terhadap Perekonomian Dan Lingkungan

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

 

hasan100

Leave a Reply