• +08123070905
  • sdmindonesia.info@gmail.com

Anggaran Fleksibel, Varians Biaya Overhead Pabrik & Pengendalian Manajemen

Anggaran Fleksibel, Varians Biaya Overhead Pabrik & Pengendalian Manajemen

Penganggaran adalah penciptaan suatu rencana kegiatan yang dinyatakan dalam ukuran keuangan. Penganggaran memainkan peran penting di dalam perencanaan, pengendalian, dan pembuatan keputusan. Anggaran juga untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi. Penganggaran merupakan salah satu jenis perencanaan. Pada kenyataannya jarang sekali pengeluaran biaya produksi sesungguhnya sama dengan standar. Pada umumnya terdapat perbedaan antara biaya  standar dengan pelaksanaan, yang disebut sebagai selisih atau varians. Selisih adalah perbedaan antara biaya menurut standar (anggaran) dengan biaya aktual (yang sesungguhnya terjadi). Selisih merupakan petunjuk tentang adanya ketidak tepatan, sehingga manajemen perlu menganalisis penyebab terjadinya selisih. Jika pelaksanaan sesungguhnya menyimpang terus-menerus dari standar dengan jenis penyimpangan yang sama, maka bisa jadi terdapat ketidak tepatan dalam standarnya. Namun jika penyimpangan tersebut tidak terjadi terus menerus dan dengan pola yang berbeda-beda, berarti terjadi kesalahan dalam pelaksanaan (biaya aktual). Berikut ini Kami tim SDM Indonesia akan memberikan penjelasan mengenai Anggaran Fleksibel, Varians Biaya Overhead Pabrik & Pengendalian Manajemen.

Merencanakan Overhead Tetap Dan Variabel

Untuk secara efektif merencanakan biaya overhead variabel, manajer harus berfokus pada kegiatan yang memberi nilai tambah dan menghilangkan yang tidak. Perencanaan overhead tetap serupa – rencana hanya untuk kegiatan esensial dan rencanakan untuk seefisien mungkin.

 

Perhitungan Biaya Standar

Merupakan sistem penetapan biaya yang menelusuri biaya langsung ke output dengan mengalikan harga standar atau tingkat dengan jumlah input standar yang diperbolehkan untuk output aktual yang dihasilkan. Mengalokasikan biaya overhead berdasarkan tingkat biaya overhead standar selama jumlah standar dari basis alokasi memungkinkan keluaran aktual yang dihasilkan.

 

Mengembangkan Tarif Overhead Variabel yang Dianggarkan

Langkah-langkah yang harus diikuti dalam mengembangkan variabel yang dianggarkan adalah:

  1. Pilihlah periode yang akan digunakan untuk anggaran.
  2. Pilih basis alokasi biaya untuk digunakan dalam mengalokasikan biaya overhead variabel ke output yang dihasilkan.
  3. Identifikasi biaya overhead variabel yang terkait dengan setiap basis alokasi biaya.
  4. Hitunglah tingkat per unit dari setiap basis alokasi biaya yang digunakan untuk mengalokasikan biaya overhead variabel ke output yang dihasilkan.

 

Varians Overhead Variabel Anggaran Fleksibel

Mengukur perbedaan antara biaya overhead variabel aktual yang dikeluarkan dan jumlah overhead variabel anggaran fleksibel. Varians ini dapat dipecah menjadi Varians efisiensi overhead variabel dan Varians pengeluaran overhead variabel.

 

Varians Efisiensi Overhead Variabel

Merupakan selisih antara jumlah sebenarnya dari dasar alokasi biaya overhead variabel yang digunakan dan jumlah anggaran dasar biaya overhead alokasi yang diijinkan memungkinkan output aktual X variabel biaya overhead yang dianggarkan per unit dari alokasi biaya mendasarkan.

Varians Pengeluaran Overhead Variabel

Merupakan perbedaan antara biaya overhead variabel aktual dan yang dianggarkan per unit basis alokasi biaya, dikalikan dengan jumlah aktual basis alokasi biaya overhead variabel yang digunakan.

 

Mengembangkan Tarif Overhead Tetap Dianggarkan

Proses pengembangan tarif overhead tetap yang dianggarkan sama dengan perhitungan tarif overhead variabel yang dianggarkan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah periode yang akan digunakan untuk anggaran.
  2. Pilih dasar alokasi biaya untuk digunakan dalam mengalokasikan biaya overhead tetap ke output yang dihasilkan.
  3. Identifikasi biaya overhead tetap yang terkait dengan setiap dasar alokasi biaya.
  4. Hitunglah tarif per unit dari setiap dasar alokasi biaya yang digunakan untuk mengalokasikan biaya overhead tetap ke output yang dihasilkan.

 

Varians Overhead Tetap

Varians anggaran fleksibel overhead tetap adalah selisih antara biaya overhead tetap aktual dan biaya overhead tetap dalam anggaran fleksibel. Var. pengeluaran overhead tetap sama dengan Varians anggaran fleksibel overhead tetap

 

 

Untuk materi selengkapnya mengenai Anggaran Fleksibel, Varians Biaya Overhead Pabrik & Pengendalian Manajemen, bisa di download ppt pada link di bawah ini:

PPT Anggaran Fleksibel, Varians Biaya Overhead Pabrik & Pengendalian Manajemen

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

Admin,

SDMIndonesia.com

Konsultasi, Training, Pelatihan & In-house Training

hasan100

Leave a Reply